Februari 22, 2024
Spread the love

Onechieknews.com — Pesibar — Bupati Dr.Drs.Agus Istiqlal,.SH., MH., Meninjau sekaligus memberikan bantuan kepada warga yang terkena musibah kebakaran sertai menghadiri kegiatan rutin ” NGAWOL MINCAK” yang berlokasi di Pekon Penengahan Kecamatan Karya Penggawa.

Acara tersebut merupakan salah satu adat istiadat yang masih dilestarikan sampai saat ini di Kabupaten Pesisir Barat, khususnya dipekon Penengahan kegiatan ini bertujuan untuk menjaga serta melestarikan adat Kebudayaan dan sebagai ajang silaturahmi. Karya Penggawa, Selasa 25 April 2023.

Turut hadir mendampingi Bupati dalam kegiatan tersebut Anggota DPRD Pesisir Barat, Staf Ahli Bupati, Para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Camat Karya Penggawa, Ketua TP-PKK Pesisir Barat, Peratin Pekon Penengahan, Tokoh Adat dan Sai Batin, Tokoh Agama serta Tamu Undangan.

Dalam kunjungannya warga yang terkena musibah kebakaran Bupati Pesisir Barat menyampaikan atas nama pribadi dan Pemkab Pesisir Barat mengucapkan turut berduka dan perihatin kepada keluarga yang tertimpa musibah kebakaran dan semoga diberikan ketabahan serta kesabaran dalam menghadapi cobaan dan ujian ini.


“Atas nama Pribadi dan Pemkab Pesisir Barat mengucapkan turut berduka dan perihatin atas musibah yang telah menimpa warga kita.semoga keluarga kita yang tertimpa musibah diberikan ketabahan dan kesabaran. ” ungkap Bupati”.


Dan diakhir kunjungannya tersebut Bupati Menyerahkan Bantuan secara simbolis Kepada warga yang terkena musibah kebakaran.

Dan dihari yang sama Bupati Pesisir Barat juga menghadiri acara Ngejalang Balak dan sekaligus membuka secara langsung acara NGAWOL MINCAK dalam rangka Halal Bihalal memeriahkan suasana idul fitri yang diselenggarakan di pekon penengahan Kecamatan Karya Penggawa.


Di Kegiatan dalam sambutannya Bupati mengatakan Mincak ini adalah tradisi turun temurun dari nenek moyang masyarakat Pesisir Barat.mincak sendiri adalah sama halnya seperti ilmu bela diri yang diajarkan para leluhur terdahulu. Oleh sebab itu mari kita sama-sama menjaga dan melestarikan budaya MINCAK tersebut.

“Tradisi Ngejalang dan Mincak yang ada diKabupaten Pesisir Barat memang sudah ada dari para leluhur kita dahulu. Adat kebudayaan ini harus kita jaga dan kita lestarikan supaya tetap ada.” jelas Bupati”. (Red)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *