Februari 22, 2024
Spread the love

Onecheiknews.com — Pesibar — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pesisir Barat mengadakan Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) ke-III tingkat Kabupaten Pesisir Barat tahun 2023, bertempat di Gedung Serbaguna Guna (GSG) Selalaw Labuhan Jukung, yang bertema “STQ Upaya Melestarikan Khazanah Budaya Islam di Bumi Para Sai Batin dan Ulama dalam Membangun Generasi Qur’anni yang Bermartabat Menuju Kabupaten Pesisir Barat yang Berkualitas”. (6/3/2023).

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Bupati Pesisir Barat, Dr. Drs. Agus Istiqlal, S.H., M.H yang dalam hal ini diwakili oleh Wakil Bupati Pesisir Barat, A. Zulqoini Syarif, S.H. dengan diikuti oleh 282 peserta (142 putra, 140 putri) yang berasal dari 11 Kecamatan se-Kabupaten Pesisir Barat.

Turut hadir pada kegiatan tersebut diatas,
Ketua DPRD Kab. Pesisir Barat; Ketua BKMT Kab.Pesisir Barat; Wakil Ketua BKMT; Perwakilan OPD (Organisasi Perangkat Daerah) di lingkungan Pemkab Pesisir Barat; Forkopimda (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah) Kab. Pesisir Barat; Camat se-Kabupaten Pesisir Barat; Ketua LPTQ (Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an) Kecamatan se-Kabupaten Pesisir Barat; Segenap panita pelaksana; Para peserta STQ; dan para tamu undangan.

Dalam Laporan Ketua LPTQ Kab. Pesisir Barat, Ir. Jalaludin, MP., yang dalam ini di wakili oleh Ketua 1 LPTQ Kab. Pesisir Barat, Audi Marpi Spd, M.M., menyampaikan bahwa, diadakannya kegiatan STQ oleh Pemkab Pesisir Barat dimaksudkan untuk menumbuh kembangkan pemahaman dan pengamalan isi yang terkandung dalam Al-Qur’an dan sebagai ajang seleksi di tingkat Kabupaten yang nantinya akan diikutsertakan pada seleksi tingkat Provinsi dengan 6 cabang (Tilawah, Tahfizh, Tafsir, Khotmil Qur’an, MIQ (Monitoring Ibadah dan Al-Qur’an), Musabaqah Hafiz) yang akan dilaksanakan seleksi.

“Kami (Pemkab Pesisir Barat) mengadakan kegiatan STQ dengan harapan agar dapat menumbuh kembangkan pemahaman dan pengamalan isi yang terkandung dalam Al-Qur’an, serta untuk mendapatkan bibit-bibit terbaik putra-putri Pesisir Barat yang nantinya akan kami ikut sertakan dalam lomba di tingkat Provinsi, InsyaAllah bisa sampai Nasional dan juara”, ujar Ketua 1 LPTQ .

Pada kesempatan yang sama, Bupati Pesisir Barat, Dr. Drs. Agus Istiqlal, S.H.,M.H., yang dalam hal ini diwakili oleh Wakil Bupati Pesisir Barat, A.Zulqoini Syarif, S.H., mewakili Pemkab Pesisir Barat mengucapkan terimakasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada segenap panitia dan hadirin yang telah menyempatkan waktunya untuk hadir pada acara hari ini. Beliau menambahkan bahwa hal ini merupakan komitmen, dedikasi dan segala ikhtiar yang telah diberikan kepada para alim ulama, qori qoriah, hafizh- hafizhah serta seluruh peserta STQ yang ingin meningkatkan kualitas keagamaan mental dan spritual di Kabupaten Pesisir Barat.

“Pemkab Pesisir Barat memberikan kepercayaan penuh kepada para dewan juri dan panitia untuk bekerja secara profesional serta bertanggung jawab, karena dalam STQ ini selain mencari bibit- bibit yang akan mewakili Kabupaten Pesisir Barat di tingkat Provinsi, juga merupakan wahana untuk mengetahui sampai dimana penguasaan serta pengamalan akan akidah yang terkandung di dalam Al-Qur’an yang kemudian digunakan untuk mengamalkannya dalam kehidupan sehari- hari yang nantinya akan membawa kemaslahatan umat khususnya Masyarakat Kabupaten Pesisir Barat”, tandas Wakil Bupati.

Diakhir sambutannya, Wakil Bupati berharap, semoga kegiatan STQ ini menghasilkan Saritilawah Al-Qur’an dan hadist terbaik yang nantinya bisa maju ketingkat Provinsi dan dapat menjadi kebanggaan seluruh masyarakat yang berada di Kabupaten Pesisir Barat ini.

“Harapan kami (Pemkab Pesisir Barat), semoga peserta seleksi STQ dapat meraih prestasi yang terbaik serta dapat membanggakan dan menjadi kebanggaan seluruh masyarakat di Kabupaten Pesisir Barat, semoga kita semua mendapatkan keberkahan dari Allah SWT”, tutup Wakil Bupati. (Red)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *