Maret 29, 2024
Spread the love

Di saat gelar rapat istimewa DPRD lampura di warnai dengan kericuhan para pedemo petani singkong

Lampung Utara. Trabass net Rapat Paripurna Istimewa DPRD Kabupaten Lampung Utara dalam agenda mendengarkan pidato kenegaraan Presiden Jokowidodo secara daring, diwarnai dengan aksi demonstrasi aliansi persatuan petani singkong se-Lampung Utara, Selasa (16/8/2022) di gedung DPRD Kabupaten Lampung Utara.

Dalam aksi demonstrasi tersebut, Rizki Apriansyah Abung Koordinator aksi menyampaikan 10 tuntutan utama para petani singkong dalam aksi tersebut sebagau berikut :

  1. Meminta kepada Pemda dan Perusahaan membuat standar harga singkong terendan Rp1.500/Kg.
  2. Meminta Kepada Pemda dan Perusahaan membuat standar rafaksi 6% – 10%.
  3. Meminta jaminan ketersedian pupuk subsidi di 23 Kecamatan 15 Kelurahan dan 232 Desa se-Lampung Utara.
  4. Meminta Pemda dan DPRD membentuk Perda tentang harga rafaksi petani singkong.
  5. Meminta kepada Pemda untuk memperjelas pajak seluruh (pabrik singkong) sesuai dengan penghasilan perusahaan untuk pendapatan asli daerah (PAD) Lampung Utara.
  6. Meminta kepada Pemerintah Daerah Dinas Lingkungan Hidup (DLH) tentang kejelasaan analisis mengenai dampak lingkungan (AMDAL), seluruh perusahaan pabrik singkong Lampung Utara.
  7. Meminta penertipan ulang perizinan seluruh perusahaan seluruh pabrik singkong Lampung Utara.
  8. Meminta kepada Kepala Dinas Perdagangan Lampung Utara mengecek seluruh tera (timbangan) perusahaan pabrik singkong.
  9. Meminta kepada Pemerintah Daerah untuk mengusut tuntas dugaan tentang banyaknya anak cabang perushaan (pabrik singkong) yang tidak berizin dan tidak terdaftar dalam data pajak.
  10. Meminta kepada Pemerintah Daerah Eksekutif dan Legislatif untuk menutup seluruh perusahaan di Lampung Utara bila tidak memenuhi seluruh tuntutan aksi masa dari petani.

Dalam aksi demonstrasi tersebut, Wakil Bupati Lampung Utara Ardian Saputra berjanji untuk segera menindak lanjuti aspirasi para petani yang melakukan aksinya.

“Kita tidak bisa memenuhi saat ini juga, karena ini banyak tuntutanya perlu proses terlebih dahulu dan akan segera ditindak lanjuti,” ujar Ardian Saputra.

Lanjut Ardian, ia bersama Ketua DPRD Lampung Utara Wansori berkomitmen akan segera menindak lanjuti tuntutan para petani paling lambat Selasa (23/8/2022).

“Semua perlu proses ditambah lagi pekan ini masih hari perayaan HUT Kemerdekaan RI, paling lambat hari Senin atau Selasa depan langsung turun ke perusahaan-perusahan di Lampung Utara,” kata Ardian.

Berdasarkan pantauan kami awak media,para petani singkong yang melakukan aksi demontsrasi sampai di gedung DPRD Lampura diperkirakan pada pukul 10.20 WIB.

Dan pada pukul 11.20 WIB para petani sempat terjadi aksi dorong mendorong dengan petugas Kepolisian disebabkan telah 1 jam menunggu, sehingga para pendemo mendorong hingga pagar DPRD Lampung Utara rusak.

Pada pukul 11.30 WIB Wakil Bupati Lampura Ardian Saputra, beserta Wansori Ketua DPRD Lampung Utara ditemani Kapolres Lampura Kurniawan Ismail, Dandim 0412 LU Letkol Infantri Andi Sultan menemui masa aksi.

Pada pukul 12.30 WIB Wakil Bupati Lampung Utara beserta Ketua DPRD Lampung Utara Wansori sepakat menandatangani pakta intergitas tuntutan para pendemo.( Hendrik)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *